Preview

Program Pertukaran Pemuda Tahun 2018 adalah bagian dari kerjasama antara Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) dan Evangelische Kirche in Hessen und Nassau (EKHN) Jerman.  Program pertukaran pemuda ini adalah yang pertama kali diadakan dan Pemuda Sentrum Manado (PESMA) sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan ini.  GMIM Sentrum Manado menjadi tuan rumah dan PESMA adalah pelaksana program ini. Setelah kunjungan dari Pemuda EKHN, kegiatan ini akan difollow up dengan kunjungan balasan dari PESMA ke Jerman.

Ada pun alasan pihak EKHN memilih GMIM Sentrum Manado dan PESMA sebagai tuan rumah adalah karena mereka mendapatkan kesan yang baik sewaktu kunjungan perwakilan dari EKHN pada tahun sebelumnya. Bentuk Ibadah Minggu di Gereja Sentrum Manado yang ditata dan dijalankan dengan kreatif dan inovatif,  dan juga mereka melihat para pemuda turut mengambil bagian aktif dalam persiapan dan jalannya ibadah. Selain itu mereka tertarik dengan keaktifan PESMA sebagai organisasi juga personal, yang tumbuh dan berkembang ditengah-tengah keberagaman pusat kota. PESMA tidak hanya aktif dalam lingkup jemaat tetapi juga dalam membangun hubungan antar Jemaat GMIM, antar denominasi serta dalam pergaulan lintas agama.

Hal-hal yang menjadi pokok pada Program Pertukaran Pemuda ini adalah :

  1. Melihat dan mempelajari bagaimana pergaulan Pemuda di pusat kota dengan kemajemukan masyarakatnya,
  2. Melihat dan mempelajari adat,  budaya, juga kehidupan sehari-hari pemuda gereja juga pemuda dan masyarakat pada umumnya,
  3. Melihat dan mempelajari masalah pengolahan sampah terlebih sampah plastik yang menjadi permasalahan dunia.

Menindak lanjuti proposal yang dikirim oleh pihak EKHN maka pada perumusan RENSTRA GMIM Sentrum Manado Tahun Pelayanan 2018-2021 program pertukaran menjadi bagian didalamnya dan disahkan oleh  Sidang Majelis GMIM Jemaat Sentrum Manado kemudian ditetapkan pada tanggal 2 Maret 2018 sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan BPMJ GMIM Sentrum Manado No. 03/SMJ-SM/III/2018.

Pada tanggal 18 Agustus 2018 melalui Surat Keputusan BPMJ GMIM Sentrum Manado No. 006/BPMJ-SM/VIII/2018, dibentuklah Tim Kerja Pertukaran Pemuda EKHN Jerman dan Pemuda GMIM Jemaat Sentrum Manado, dan dilantik pada Ibadah Minggu, 19 Agustus 2018 di Gereja Sentrum Manado.

Tim Kerja Pertukaran  Pemuda EKHN Jerman & Pemuda GMIM Jemaat Sentrum Manado 

  1. Pnt. Sheila Riene Rondonuwu, S.Th
  2. Theodoron Artur Voges, SE
  3. Deo Runtunuwu
  4. Leni Arini Manafe, S.Kep, Ns., M.Kes
  5. Allan Inkiriwang
  6. Frily Intan Tumanduk, S.Pd
  7. Rengga Kabuhung
  8. Angganita Moningka, S.Th
  9. Jeremy Tumanduk
  10. Morits Tampi
  11. Albert Alphonsus Salaki
  12. Christy Tambariki, SE
  13. Chrisly Palar, S.Ked
  14. Pnt. David Tenda, SE

Pemuda EKHN Jerman dijadwalkan berada di Manado pada tanggal 29 September 2018 – 13 Oktober 2018 yang didahului  kedatangan, Pdt. Joachim Schuh satu minggu sebelumnya. Beliau akan melihat sejauh mana persiapan yang telah dilakukan oleh Tim Kerja PESMA.

Rombongan EKHN beranggotakan 14 orang yang terdiri dari 3 Pendeta pendamping dan 11 Pemuda yang berusia 17-26 tahun.

Delegasi Evangelische Kirche in Hessen und Nassau :

  1. DR. Erika Mohri
  2. Joachim Schuh
  3. Hartmut Lotz
  4. Velvet Brauns
  5. Lena Emrich
  6. Katharina Hon
  7. Anthony Kuras
  8. Henry Schach
  9. Ann-Katrin Scultheiß
  10. Julien Sculz
  11. Nina Valeria Staper
  12. Marcus Weygand
  13. Vanessa Wolf
  14. Veit Jürgen Wunderlich

Dalam kegiatan ini PESMA bersama Pemuda EKHN bergaul, mengenal pribadi, gaya hidup dan budaya masing-masing sambil meneliti isu-isu sekitar kota Manado, Tomohon dan pulau Bunaken selama 15 hari penuh.